Ada banyak hal yang bisa terjadi jika kita sampai kekurangan tidur dan tubuh terus – menerus dipaksa bekerja tanpa istirahat yang memadai. Hal – hal tersebut mencakup berbagai permasalahan yang tidak Anda duga – duga seperti menurunnya gairah seks sampai tingkat kecerdasan yang juga ikut menurun.

Menyebabkan Depresi

Fakta mengejutkan pertama mengenai kurang tidur adalah menyebabkan depresi. Masalah kesehatan mental ini akan muncul ketika kita tidur kurang dari 6 jam setiap harinya, dengan beban pikiran serta pekerjaan yang berat.

Pada tingkat awal, kekurangan tidur ini akan menyebabkan anxiety atau perasaan was – was yang berlebihan hingga selanjutnya anxiety ini akan berubah menjadi depresi dan membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat pada 2007lalu dengan melibatkan 10.000responden menghasilkan bahwa orang yang memang sengaja selalu tidur kurang dari waktu yang semestinya akan mengidap insomnia dan kemudian insomnia tersebut akan berlanjut pada depresi.

Setelah pasien masuk kedalam tahap depresi, maka ia akan lebih sulit lagi untuk tidur dan pada akhirnya akan membutuhkan bantuan berupa obat – obatan tertentu hingga terapi untuk bisa mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi semula.

Mempercepat Penuaan

Pada saat kita kekurangan tidur atau tidak tidur cukup, biasanya ditandai dengan mata yang agak sembab dan bengkak. Lama kelamaan, area bawah mata akan berubah menjadi gelap dan muncul tanda – tanda kerutan halus disekitarnya.

Penyebab munculnya garis – garis keriput halus serta kulit bawah mata yang menjadi gelap adalah kurangnya produksi hormon kolagen akibat terlalu banyak homon kortisol yang terbentuk akibat kurang tidur.

Hormon kortisolyang terbentuk ini akan memecah kolagensehingga tentu saja tanda – tanda penuaan akan muncul lebih cepat dari pada yang seharusnya karena kolagen tidak dapat melakukan tugasnya.

Menurunkan Gairah

Dalam salah satu jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2002 berjudul Journal of Clinical Endocrinology and Metabolismmenyebutkan bahwa pasangan suami istri yang salah satu atau keduanya kekurangan tidur akan mengalami penurunan gairah seksual atau libido dan akan mengganggu kehidupan seksual mereka.

Penurunan gairah ini disebabkan oleh rendahnya tingkat hormon testosteronyang ada didalam tubuh ketika malam hari. Apabila tanpa kegiatan yang terlalu banyak akan tetapi Anda sudah tidur mendengkur maka ini merupakan sauatu tanda bahwa tingkat testoteron Anda sudah sangat rendah.

Menyebabkan Berbagai Penyakit Mematikan

Semua penyakit yang mematikan seperti serangan jantung, gagal jantung, detak jantung yang tinggi, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes,  semuanya bisa di awali pada saat Anda kekurangan tidur. Hal ini terjadi karena tubuh tidak diistirahatkan dan tidak dapat melakukan proses yang seharusnya mereka lakukan pada malam hari dengan baik.

Bahkan suatu fakta mengejutkan  menuliskan bahwa sebanyak 90% dari orang yang mengalami insomnia berkelanjutan tanpa melakukan perawatan atau usaha apapun untuk menyembuhkan insomnia yang dideritanya maka lambat laun akan menderita salahsatu dari beberapa penyakit mematikan di atas.

Menyebabkan Insiden Terjadi

Gagal fokus yang disebabkan karena tidur yang kurang merupakan satu kasus dan keadaan yang sama dengan keadaan saat orang mabuk. Keadaan ini sudah banyak tercatat menyebabkan berbagai kecelakaan tunggal maupun beruntun yang menghilangkan puluhan bahkan ratusan nyawa di jalanan.

Berkurangnya fokus ini dikarenakan bagian lobus yang berfungsi mengatur prilaku dalam otak tidak dapat lagi dipaksa untuk bekerja dengan sempurna dan membuat lobus tersebut memiliki batasan tertentu.

Menurunkan Tingkat Kecerdasan

Ternyata tingkat kecerdasan bisa saja turun bahkan ketika kita hanya kurang tidur. Faktor menurunnya tingkat kecerdasan ini disebabkan oleh tingkat pemrosesan kognitifyang berjalan did alam otak. Kognitif ini akan mempengaruhi beberapa aspek penting seperti kemampuan berkonsentrasi, penyelesaian masalah, dan kepekaan.

Selain dari aspek kognitif, aspek fase tidur yang terganggu juga menjadi salah satu alasan mengapa kecerdasan bisa menurun ketika seseorang kekurangan tidur. Pada saat tidur, seharusnya otak melakukan penataan ulang memori – memori yang adadan berjalan pada hari itu untuk kemudian dikelompokan dan disimpan. Tetapi, ketika seseorang tidak bisa tidur sesuai dengan waktu yang dianjurkan yaitu kurang lebih 7 – 8 jam maka proses penataan memori tersebut tidak akan terjadi dan kecerdasan Anda secara perlahan akan berkurang dengan sendirinya.

Cepat Lupa

Di tahun 2009, sebuah lembaga peneliti gabungan antara negara Prancis dan Amerika Serikat membuat suatu penelitian yang berhubungan dengan otak yang diberinama “sharp wave ripples”dan mencari kaitan antara hubungannya dengan proses penyimpanan memori.

Pada penelitian ini secara singkat dilakukan kajian yang menghasilkan bahwa memori jangka panjang akan langsung tersimpan di dalam otang sementara memori yang baru saja diterima akan diproses ketika kita sedang tidur dalam fase tidur dalam atau tidur nyenyak.

Terganggunya fase tidur karena kurangnya waktu tidur yang dimiliki tentu saja akan membuat proses pemrosesan sekaligus penyimpanan memori dalam otak terganggu dan membuat kita menjadi lebih mudah lupa.

Meningkatkan Resiko Kematian

Resiko kematian akan meningkat sejumlah dua kalilipat ketika seseorang sengaja mengurangi porsi tidur mereka dari 7 – 8 jam menjadi 5 jam atau kurang setiap harinya dan bukan karena gangguan insomnia.

Fakta satu ini diperoleh dari hasil penelitian “Whitehall Study” di Negara Ratu Elizabeth, Inggris. Pada penelitian ini, mereka menggunakan bantuan dari 10.000 responden warga inggris yang bekerja di sektor pelayanan publik. Dari data yang berhasil dihimpun, mereka yang bertugas lembur dan malam hari tercatat mengalami gangguan kesehatan yang lebih banyak dari pada mereka yang memiliki masa kerja hanya pada siang hari.

Tidak Menyadari Bahwa Dirinya Kurang Tidur

Hal yang paling berbahaya dari kekurangan tidur adalah tidak menyadari bahwa dirinya sebenarnya kekurangan tidur. Fase ini terjadi ketika seseorang yang sengaja memotong waktu tidur mereka tidak mengindahkan berbagai masalah kesehatan yang terjadi dan menganggapnya hanya masalah kesehatan biasa saja.

Umumnya orang yangs sudah ada pada tahap ini akan sulit untuk dinasehati dan tidak akan mau mengakui bahwa tidur yang mereka dapatkan selama ini kurang. Puncak dari ini semua akan terjadi ketika secara perlahan tubuh sudah tidak dapat lagi mengikuti apa yang kita mau karena berkurangnya masa otot dan energi yang ada di dalam tubuh.

Menambah Berat Badan

Saat tidur adalah saat dimana kita memproses semua makanan yang telah dicerna pada satu hari ini dan menyerap sari – sari makanan yang kita butuhkan serta membuang yang tidak diperlukan. Proses ini membutuhkan waktu yang lama karena setiap makanan memiliki rentang waktu yang berbeda – beda.Misalnya saja nasi dan daging, akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari sayuran. Dengan begini, kekurangan tidur akan menggangu proses pencernaan dan membuat apa yang seharusnya diserap tubuh menjadi timbunan lemak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *