Untuk saat ini bantal dengan bahan dasar lateks murni masih menjadi bantal dengan kualitas terbaik. Ketahanan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh bantal lateks masih belum bisa ditandingin oleh bahan lain dan masih menjadikanya primadona meskipun harga bantal lateks menjadi yang termahal. Walaupun bahan lateks menjadi bantal dengan material terbaik, bukan berarti tidak ada bahan lain yang lebih terjangkau selain lateks dan memiliki kualitas yang hampir sama. Bahan – bahan itu adalah dacron, microfiber, nanofiber dan bolster.

Mungkin bagi Anda keempat bahan tersebut masih aggak asing ditelinga, karena memang toko – toko peralatan tidur pada umumnya hanya menjual satu tipe bantal saja. Akan tetapi, keempat bantal dengan material tersebut sangat layak untuk dicoba apabila Anda benar – benar menginginkan bantal dengan kualitas terbaik sebaik lateks yang sesuai dengan budjet yang sudah disediakan.

Bantal Lateks

Dikarenakan bantal lateks merupakan bantal terbaik, jadi sebaiknya kita ulas singkat dahulu ya bantal ini agar bisa menjadi perbandingan bantal lain. Sperti yang sudah umum diketahui bahwa bantal lateks selain sangat nyaman juga tidak menimbulkan alergi karena bahan dasarnya yang terbuat dari sintesa karet. Selain itu meskipun dalam ukuran lebih kecil, bantal lateks tetap memiliki semua kelebihan lateks yanga ada pada kasur lateks.

Kelebihan – kelebihan itu meliputi kelembutan,  fleksibilitas yang baik, adanya lubang – lubang pada permukaan lateks yang membuat bantal menjadi dingin serta topangannya yang sempurna sehingga tidak akan menyebabkan leher terasa pegal ketika bangun keesokan harinya.

Bantal Dakron atau Dacron

Sama halnya seperi bantal lateks, bantal dacron memiliki daya fleksibilitas dan topangan yang baik. Bantal ini akan dapat memiliki ketahanan lateks jika perawatan yang dilakukan benar dan teratur. Selain dari sisi fleksibilitas dan topangan, bantal dacron juga masih memiliki manfaat lain, diantaranya :

Tidak Menimbulkan Alergi Pada Anak – anak

Bahan dakron yang terbuat dari serat alami berkualitas baik akan menyebabkan bantal memiliki ketahanan terhadap mikroorganisme yang mungkin hinggap dan berkembang dibantal. Ketahanan itu pastinya akan mencegah potensi alergi yang terjadi pada anak – anak saat tidur menggunakan bantal dakron.

Aman Bagi Leher

Gabungan dari fleksibilitas yang baik serta topangan yang cukup membuat bantal dakron bisa menahan leher dengan sempurna. Kemampuan ini menjamin leher Anda tidak akan pegal – pegal maupun terasa sakit ketika bangun. Hanya saja, karena bantal dakron bisa kempis, Anda harus benar – benar merawatnya agar bantal dakron tetap bisa digunakan dengan nyaman dan baik bagi kesehatan.

Tahan Lama

Bantal dakron termasuk jenis bantal yang awet meskipun telah berulang – ulang dicuci. Baik daicuci menggunakan tangan maupun mesin, tidak akan mengubah kualitas bantal dakron. Kuncinya hanya ada pada perawatan bantal, usahakan bantal jangan sampai lembab agar bantal tidak kempis dan berkurang kenyamananannya. Selama hal itu Anda lakukan, bantal dakron yang Anda miliki akan senyaman bantal lateks.

Bantal Nanofiber

Penggunaan nanofiber sebagai bahan material pembuat bantal sebenarnya belum terlalu umum di Indonesia. Karena kebanyakan yang memanfaatkan bahan satu ini adalah negara asing. Tapi meskipun masih belum umum, bukan berarti bantal nanofiber tidak layak dicoba.

Bahan baku bantal yang sudah umum digunakan pada abad ke 20 di berbagai negara ini memiliki banyak kelebihan yang bisa ditawarkan sebuah bantal dan kenyamanan tidur yang sempurna hingga membuat Anda merasa segar kembali.

Kelebihan utama yang menjadi kemampuan nanofiber adalah pada ketahanannya yang lebih baik dari pada lateks. Ini karena selain nanofiber sudah umum digunakan di berbagai negara, pengaplikasian nanofiber juga biasanya pada hal – hal yang tidak bisa dianggap remeh. Misalnya saja pada biomedical dan organ buatan yang dirancang khusus.

Ketahanan yang luar biasa dari nanofiber ini kemudian diaplikasikan kedalam sebuah bantal tentu saja menghasilkan bantal yang sangat baik. Selain dari segi ketahanan bantal juga dijamin memiliki topangan yang sempurna dan tidak kalah dari bantal – bantal yang lain. Jika ingin mencoba bantal jenis nanofiber ini, Anda langsung bisa memesannya pada kingarusleep.com ya.

Bantal Microfiber

Bantal microfiber jauh lebih umum dari pada bantal nanofiber, kepopuleran bantal dengan material utama ini juga sudah mulai terlihat di Indonesia. Meskipun bahan ini termasuk bahan sistesis, namun dengan kecanggihan teknologi yang digunakan dalam proses pembuatabn microfiber, membuatnya tetap hypoallerginic atau tidak menimbulkan alergi seperti bantal dengan serat alami lainnya. Tidak hanya berhenti disitu saja kelebihan bahan microfiber ini, juga memiliki segudang kelebihan lain.

Bantal Ringan

Dikarenakan proses pembuatan yang canggih, serat sintesis microfiber mampu memiliki bobot yang ringan meskipun bantal tetap akan mengembang dan empuk serta memiliki topangan yang baik. Dengan bobot ringan yang dimiliki bantal, membuatnya sangat aman apabila digunakan oleh anak – anak untuk bermain – main.

Mudah Dibersihkan

Tidak hanya bisa dibersihkan dengan tangan, bantal yang menggunakan material microfiber juga aman jika dicuci dengan mesin cuci. Selain itu tidak ada pula aturan khusus mengenai deterjen yang harus digunakan untuk mencuci bantal.

Tidak Menyerap Kotoran dan Noda

Berkat pengaplikasian tepat pada proses produksi microfiber, membuat bahan ini selain memiliki fungsi  hypoallergenic  juga memiliki kemampuan stain release atau tidak menyerap kotoran dan noda. Sehingga apabila suatu saat Anda tidak sengaja menjatuhkan kopi maupun saus di atasnya, bantal akan langsung kembali seperti semula dan tanpa meninggalkan noda setelah dicuci.

 

Bantal Bolster

Biasanya bolster hadir dengan bentuk yang lebih panjang dari bantal biasa atau hadir dalam bentuk guling. Tidak ada standar khusus tentang bagaimana seharusnya ukuran bantal bolster sehingga Anda ingin menyebutnya sebagai bantal maupun guling sama saja karena keduanya benar.

Kebanyakan bolster diproduksi dari campuran bahan katun dan serat fiber. Gabungan ini membuat bolster memiliki keunikan tersendiri yaitu tidak selembut bantal dengan jenis isian lain namun tetap nyaman apabila digunakan.

Selain keunikan tersebut, bolster juga memiliki semua kelebihan seperti yang dimiliki oleh material lain. Dilihat dari segi perawatan pun bolster sangat mudah karena bisa dicuci baik menggunakan mesin atau tangan. Hanya saja proses pengeringannya sedikit lebih lama dari bahan material lain, meskipun begitu jika Anda mengakalinya dengan dryier pasti tidak ada masalah berarti.

Kelima bantal dengan material berbeda di atas memang layak bukan dianggap sebagai bantal dengan bahan material terbaik. Selain itu kini untuk memperoleh bantal – bantal tersebut juga sangat mudah. Anda bisa membelinya di online shop seperti Kingaru. Disana sudah lengkap tertera harga bantal dan bahkan disediakan berbagai cara pembayaran, mulai dari dibayar lunas, dicicil hingga dibayar ditempat.

Jadi ayo sekarang juga segera mencoba bantal – bantal di atas, pilih salah satu bantal yang menurut Anda paling cocok dan sesuai dengan budjet yang dimiliki. Kesemua bantal dengan material di atas sama baik kok, tinggal pandai – pandai saja Anda merawatnya dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *