Sakit punggung menjadi keluhan yang paling sering dialami oleh mereka yang memiliki rutinitas tinggi, bahkan menurut Mayo Clinic yang berbasis di Amerika Serikat, prosentasenya mencapai 80%. Jumlah ini rata-rata didominasi oleh mereka yang berusia produktif antara 35 – 55 tahun dengan berbagai penyebab yang berbeda.

Penyebab sakit punggung

Bagian punggung manusia termasuk bagian tubuh yang paling kompleks daripada bagian lain, disini ada struktur otot, ligamen, tendon, cakram, sumsum tulang dan tulang belakang. Salah satu saja bagian mengalami disfungsi atau tidak bekerja dengan baik, maka di area tersebut akan langsung terasa sakit. Biasanya penyebab sakit punggung dikarenakan beberapa hal diantaranya :

  • Mengangkat barang yang terlalu berat
  • Tidak benar ketika membawa barang
  • Gerakan tiba-tiba
  • Membungkuk terlalu dalam
  • Berdiri terlalu lama
  • Menarik sesuatu yang berat
  • Berkendara
  • Flu
  • Batuk

Selain disebabkan oleh aktivitas fisik dan virus seperti di atas, tidak jarang sakit pungung juga diderita karena faktor resiko dari hal lain  misalnya : kehamilan, anxiety, depresi, obesitas, merokok, dan usia.

Untuk meringangkan sakit punggung, tentu cara terbaik adalah menghindari apa yang menyebabkan sakit punggung itu sendiri, dan apabila sakit punggung tidak juga kunjung reda saat Anda menghindari penyebab-penyebab tersebut maka ada 7 cara ampuh mengatasi sakit punggung karena rutinitas Anda sehari-hari di bawah ini.

Istirahatkan punggung

Apabila Anda merasa sakit punggung yang diderita masih dapat ditolerir namun sudah masuk dalam kategori menganggu maka langkah terbaik adalah mengistirahatkan punggung dengan menghindari berbagai aktivitas yang melibatkan punggung. Proses mengistirahatkan punggung ini paling sebaiknya dilakukan sekitar 6 minggu, agar organ-organ yang berada di punggung benar-benar beristirahat dan bisa kembali ke kondisinya yang prima.

Memberikan kompres

Mengkompres bagian punggung yang terasa sakit sangat dianjurkan untuk dilakukan selama proses pengistirahatan punggung. Gunakalah air hangat agar saraf dan otot berileksasi sehingga rasa sakit yang dirasakan bisa perlahan-lahan membaik. Langkah ini sebaiknya dilakukan selama 20 menit agar memberikan efek yang maksimal dan rasa sakit di punggung bisa segera hilang.

Tidur dengan posisi yang benar dan kasur yang nyaman

Jika Anda memiliki sakit punggung maka posisi tidur yang benar adalah terlentang dengan posisi punggung dan badan tegak lurus. Meskipun Anda awalnya kurang nyaman dengan posisi  ini karena sudah terbiasa miring atau pun tertelungkup, namun posisi terlentang dengan punggung dan badan tegak lurus harus dipilih agar sakit punggung segera sembuh. Selain itu, memastikan bahwa tidak ada bagian tubuh yang jauh lebih rendah karena kasur yang sudah kempis pun patut diperhatikan, karena jika ada bagian tubuh yang jauh lebih rendah, maka akan membuat posisi tubuh tidak tegak lurus. Untuk itulah memilih kasur yang nyaman sangat diperlukan dalam rangka menyembuhkan sakit punggung. Lantas bagaimana kriteria kasur yang nyaman ?

Kriteria kasur nyaman

  1. Kasur tidak mudah bergerak atau bergoyang, jenis kasur yang termasuk golongan ini adalah tipe kasur pegas atau spring bed. Pegas didalamnya akan membuat pergerakan Anda dikasur menjadi lebih besar dan menyebabkan posisi tubuh Anda menjadi tidak stabil saat tidur.
  2. Kasur tidak mudah kempis, jenis kasur yang tidak mudah kempis umumnya terdiri dari bahan memory foam seperti yang dimiliki Kingaru. Kasur Kingaru sudah terbukti dengan melewati percobaan pemakaian selama 10 tahun lamanya, dan selama kurun waktu percobaan tersebut tidak ada penurunan atau kempis berarti yang terjadi pada Kingaru.
  3. Kasur dapat menyebarkan berat sehingga tidak tertumpu pada 1 titik, bahan kasur yang memenuhi kriteria ini adalah lateks murni. Perlu Anda ketahui bahwa bahan lateks murni merupakan bahan pembuat kasur terbaik dan termahal yang ada saat ini, sehingga kualitas bahannya tidak perlu diragukan lagi. Kasur Kingaru pun menggunakan bahan ini dalam pembuatan kasurnya, dipadukan dengan high resillience foam, support foam dan memory foam yang akan membuat kasur semakin sempurna untuk tidur Anda.
  4. Kasur sejuk dan tidak membuat gerah, lagi-lagi untuk memenuhi kriteria satu ini bahan lateks murnilah yang bisa memenuhinya. Tentu saja dengan Kingaru sebagai produk kasur yang paling cocok untuk kriteria ini.

Obat-obatan

Pengunaan obat hanya dilakukan ketika ketiga cara di atas belum juga membuahkan hasil untuk Anda yang artinya sakit punggung yang Anda derita sudah benar-benar masuk kedalam tahap serius. Obatan-obatan yang lazim digunakan untuk pengobatan sakit punggung umumnya mudah didapatkan karena terdiri dari ibuprofen, naproxen dan acetaminophen. Pastinya Anda harus mengkonsultasikan hal ini dahulu kepada dokter ya sebelum menggunakannya.

Akupuntur

Cara satu ini bisa menjadi alternatif yang manjur apabila Anda anti atau tidak suka menkonsumsi obat. Tapi tentu saja konsekuensinya Anda harus menghadapi jarum akupuntur setiap terapi dilakukan. Pengobatan akupuntur ini fungsinya hampir sama dengan obat yang diminum yaitu meredakan pembengkakan pada sendi, dan merelaksasikannya sehingga perlahan-lahan punggung tidak akan terasa sakit lagi. Namun, tentunya semua ini memerlukan proses ya karena hasilnya tidak akan seinstan Anda menkonsumsi obat.

Berolah raga ringan dengan rutin

Jika langkah-langkah di atas sudah dilalui, maka berolahraga ringan secara rutin bisa dilakukan untuk menjaga agar sakit punggung tidak kembali. Olahraga ini tidak perlu lama, namun yang penting rutin dan apabila Anda terlalu sibuk untuk berolahraga ke gym  atau keluar rumah, Anda bisa melakukan hal sederhana di rumah seperti peregangan tubuh, berjalan bolak-balik didalam rumah dan naik turun tangga.

Pikiran yang fresh

Langkah terakhir adalah pikiran yang fresh, pikiran yang fresh dan positif bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bersemangat dan fokus kepada hal-hal baik yang ada disekitar sehingga rasa stress akan berkurang. Jika pikiran sudah fresh maka penyembuhan sakit punggung pun akan semakin cepat karena Anda benar-benar fokus dalam menjalani setiap langkahnya.

Terakhir, sakit punggung memang problem yang tidak terlalu besar seperti sakit jantung, diabetes, ataupun tekanan darah tinggi. Namun bukan berarti sakit punggung tidak akan menganggu segala aktivitas mu bukan, untuk itu jika sakit punggung sudah sembuh usahakan untuk tetap menjaga kesehatannya walaupun rutinitas harianmu sangat padat.

Langkah yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan punggung itu adalah dengan memilih kasur yang tepat, karena Anda 1/3 dari waktu yang Anda miliki akan dihabisnya disana. Bukan hanya itu saja, kasur juga akan menjadi tempat Anda untuk mengistirahatkan tubuh sekaligus mengisi energinya agar besok bisa kembali beraktivitas dengan lebih baik.

Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan kasur mana yang paling cocok, Anda bisa langsung menjatuhkan pilihan kasur Anda kepada Kingaru karena seperti yang ada pada informasi di atas, Kingaru memiliki segala kelebihan kasur terbaik sehingga Anda tidak akan menyesal jika memercayakan kualitas tidur dan kesehatan punggung Anda kepada Kingaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *