Tempat tidur sudah pasti menjadi tujuan utama ketika kita ingin beristirahat. Sayangnya terkadang hal – hal sepele membuat kita jadi kurang nyaman. Padahal ganguan sepele tersebut ada karena kita yang memang kurang memperhatikan bagaimana pengaturan tempat tidur yang tepat. Untuk itu agar masalah sepele yang menganggu tidur tidak terjadi lagi, simak 8 kesalahan umum seputar tempat tidur dan bagaimana mengatasinya di bawah ini ya.

Bagian Sisi Seprai Selalu Keluar

Bagian sisi seprai sering keluar ketika kita melakukan banyak gerakan diatasnya, terutama saat sulit tidur atau melakukan kegiatan lain semacam membaca dan bermain vidio games. Bagian sprei yang selalu keluar tentu membuat Anda lama – kelamaan malas membetulkannya bukan ? toh sebentar lagi juga sprei akan menjadi berantakan lagi. Tapi, sebenarnya sisi sprei yang selalu keluar ini jangan – jangan karena Anda tidak memperhatikan semuanya dengan detail.

Pada setiap ujung sprei ada karet pengait yang bisa dikaitkan kesetiap ujung sprei. Apabila ujung ini dikaitkan dengan betul dan bukan hanya ditekuk kedalam maka tentu sprei tidak akan keluar lagi. Cara kedua yang bisa Anda coba jika cara di atas tidak bekerja yaitu dengan memasang peniti di bagian bawah lipatan. Peniti akan menjaga bagian sisi bawah sprei tidak akan ikut keluar dan tertarik saat Anda melakukan berbagai aktivitas didalamnya. Usahakan menaruh peniti pada bagian bawah sprei yang tertetuk dan bukan pada sisi samping sprei, hal ini karena mungkin saja peniti bisa terbuka dan mengenai Anda jika berada di samping.

Salah Paham Jenis Sprei

Seprei yang bertuliskan 100% katun atau terlihat berkilau seperti satin belum tentu 100% katun atau 100% satin. Jika Anda menemui sprei yang bertuliskan 100% katun atau 100% sprei maka buka sprei tersebut dan rasakan pada tangan. Apabila sprei merupakan 100% satin atau katun asli maka kain sprei tidak terasa panas ditangan serta lembut, semakin lama seprei bergesekan dengan tangan seprei akan semakin nyaman. Saat ini sangat banyak produk sprei yang diberi campuran banyak bahan sistetik untuk membuat harga sprei menjadi lebih murah, jadi berhati – hati ya. Jangan sampai salah membeli jenis sprei campuran dan bukan sprei 100% katun atau satin.

Waktu Membersihkan dan Merapikan Tempat Tidur

Kebiasaan sebagian besar orang, mungkin termasuk Anda di pagi hari adalah membersihkan dan merapikan tempat tidur. Tentu saja ini dilakukan agar kasur terlihat rapi dan bersih serta saat malam hari kita akan tidur kasur terlihat nyaman.  Tetapi, sebenarnya membersihkan dan merapikan kasur yang paling baik dilakukan adalah sesaat sebelum tidur. Pembersihan dan merapikan kasur di pagi hari tidak akan berpengaruh besar terhadap jumlah debu atau hewan – hewan kecil lain semacam kutu yang bisa terus berkembang sepanjang hari dengan memakan sisa kulit mati yang tertinggal. Jadi, membersihkan kasur sebelum tidur akan membuat debu dan hewan kecil itu pergi  sehingga kita bisa tidur dengan nyaman.

Menyetrika Seprei

Menyetrika seprei memang membuat seprei halus dan tidak berkerut, tapi sebenarnya itu tidak perlu dan hanya buang – buang waktu saja. Seprei akan kembali berkerut ketika Anda tidak di atasnya dan akan tetap seperti itu. Untuk mengurangi kerutan pada seprei, Anda bisa langsung menjemur seprei setelah keluar dari mesih pengering serta jangan memerasnya terlalu keras.

Berbagi Selimut

Bagi yang sudah memiliki Pasangan, sepertinya berbagi selimut merupakan hal yang wajar dan lumrah dilakukan. Malah jika Anda memiliki selimut sendiri – sendiri bisa jadi Anda dikira sedang tidak akur atau memiliki masalah dengan pasangan. Padahal, tidur dengan berbagi selimut lebih banyak tidak nyamannya karena selimut terus tertarik ke sisi Anda atau sisi pasangan. Untuk itu, sangat direkomendasikan bagi para pasangan untuk tidur dengan selimut masing – masing. Tidur dengan selimut masing – masing tidak Akan membuat Anda saling tarik selimut saat tidur atau bahkan bangun tanpa selimut. Supaya Anda terllihat seperti biasa dan orang – orang yang melihat tida berbicara yang macam – macam, pilih saja selimut dengan warna dan motif yang sama. Dengan begini Anda akan tetap terlihat akrab, istilah kerennya matching item.

Selimut Cadangan

Untuk mereka yang sudah terbiasa tidur dengan selimut, pasti akan merasa canggung ketika harus tidur tanpanya.Meskipun cuaca sangat panas, selimut akan tetap dipakai karena sudah terbiasa. Masalahnya, kondisi cuaca yang panas di tambah selimut tentu akan membuat Anda terbangun kepanasan dan sulit untuk tidur kembali. Terkadang saat Anda akan tidur cuaca atau suhu terasa dingin sehingga Anda memilih selimut tebal namun, tiba – tiba suhu menjadi panas. Maka dari itu dengan menyimpan selimut cadangan di ujung tempat tidur dan melipatnya dengan baik akan membuat kita mudah jika terbangun dan ingin segera berganti selimut. Anda bisa langsung tidur kembali karena jeda bangun tidak terlalu lama dan selimut juga sudah menjadi nyaman kembali setelah diganti.

Mencuci Bantal

Kebanyakan orang hanya mencuci cover atau sarung bantal saja, akan tetapi tahukah Anda bahwa mencuci bantal itu sendiri juga sesuatu yang sangat penting. Kondisi bantal yang berulang – ulang lembab karena suhu tubuh bisa membuatnya menjadi sarang berbagai hewan kecil seperti kutu atau mite. Jadi sangat dianjurkan agar Anda juga mencuci bantal paling tidak 1 atau 2 bulan sekali sedangkan untuk sarung bantal minimal diganti setiap minggunya karena sarung bantal langsung bersentuhan dengan wajah.

Pada saat Anda mencuci bantal, usahakan cuci bantal sesuai dengan petunjuk yang ada pada label bantal. Apabila Anda tidak dapat menemukan panduan apapun,  silakan lihat saja panduan cara mencuci bantal dengan bahan bantal yang Anda miliki di internet. Umumnya jenis bantal yang sama akan memiliki prosedur mencuci bantal yang sama walaupun berbeda merk dan ukuran.

Jangan Menata Kasur ala Militer

Menata kasur di militer dan kamar pribadi Anda tentu berbeda ya, karena tidak ada yang akan menilai atau mengawasi bagaimana Anda menata kasur. Jika kasur berantakan pun tidak akan ada yang memarahi Anda seperti di militer bukan. Makanya, seprei juga tidak usah di buat terlalu rata, ketat dan rapih di atas kasur tujuannya agar seprei tidak mudah tertarik dan lepas. Lagi pula seprei yang sedikit longgar juga akan lebih nyaman bukan ?

Bagaimana ? apa Anda termasuk orang – orang yang kerap melakukan kesalahan tersebut saat menata tempat tidur Anda? jika iya, tidak mengapa kok karena pasti ada orang lain yang memiliki kesalahan sama dengan Anda dan baru mengetahui cara – cara di atas. Semoga cara yang ditawarkan ini bisa membantu menata tempat tidur menjadi lebih nyaman lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *