Ganguan tidur bisa datang dari mana saja, bisa karena tubuh yang memang sedang tidak enak badan, bisa karena keadaan sekitar yang bising, bahkan bisa juga karena makanan. Memang banyak makanan yang bisa membantu Anda untuk tidur nyenyak dan mimpi indah, tapi tidak 8 makanan di bawah ini, untuk itu kalau bisa, tolong dihindari ya agar tidur Anda nyenyak.

Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam, ternyata mengandung 25 – 38 % kafein atau setara dengan banyaknya jumlah kafein yang biasa Anda minum dalam satu gelas kopi berukuran 200 ml. Tentu saja jumlah kandungan kafein sebanyak itu akan membuat Anda sulit tidur dan tidak bisa nyenyak. Jika Anda penggemar cokelat, boleh – boleh saja sebenarnya menkonsumsi cokelat di malam hari namun, pilihlah cokelat yang lebih banyak kandungan susunya dan yang berwarna lebih cerah karena, semakin hitam atau gelap warna cokelat maka semakin banyak jumlah presentase kafein yang dikandung atau, bisa pula dengan mellihat komposisi yang biasanya ada di balik kemasan cokelat. Perhatikan apabila kadar kafein berada jauh di bawah 10% maka cokelat tersebut akan aman untuk dikonsumsi pada malam hari.

Steak

Makanan satu ini memang sangat lezat sehingga mau makan siang, makan malam, rasanya menu satu ini selalu pas. Sayangnya, banyaknya jumlah kolesterol yang ada di dalam steak bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh dengan signifikan apalagi jika steak yang Anda konsumsi terdapat banyak lemak. Hal ini membuat ritme circadian menjadi terganggudan bisa merusak tidur selain itu, protein dan lemak yang tinggi juga bisa memicu Anda untuk tidur mendengkurmeski badan tidak terlalu lelah dan tidak ada gangguan pernafasan seperti flu. Hal ini akan diperparah jika Anda menkonsumsi steak dengan susu pada malam hari karena lapisan susu dapat mengendap di langit – langit mukosa mulut dan membuat dengkuran lebih keras dan sering.

Alkohol

Budaya meminum alkohol memang lebih kental di dunia barat. Umumnya mereka percaya bahwa meminum alkohol sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak karena pikiran yang lebih tenang. Akan tetapi, sebenarnya menurut para peneliti justru alkohol akan merusak siklus tidur Anda dan membuat fase tidur REM menjadi berkurang. Dengan berkurangnya fase tidur ini, otomatis saat Anda bangun tubuh tidak akan merasa segar. Belum cukup disitu saja, karena fase tidur yang berubah, maka ketika tidak meminum alkohol Anda bisa saja merasa bahwa tidur menjadi tidak nyenyak akrena tidak meminum alkohol, jadi untuk bisa tidur nyenyak Anda harus meminum alkohol sebelum tidur. Padahal, tidur kurang nyenyak keesokan harinya dikarenakan Anda menkonsumsi alkohol pada hari sebelumnya.

Makanan Pedas

Kebanyakan orang Indonesia sangat menikmati makanan pedas, bisa dibilang apabila makanan tidak pedas maka tidak enak. Jika merasa makanan yang dimakan kurang pedas, biasanya sambal cabe rawit yang akan menjadi penyedap mujarab kala makan. Tetapi, tahukah Anda bahwa menkonsumsi makanan pedas di malam hari bisa membuat tidur tidak nyenyak karena, makanan pedas bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat. Jadi sebaiknya hindari makan – makanan pedas di malah hari ya. Lagi pula, terlalu banyak makanan pedas bisa membuat perut Anda sakit juga, benar kan ?

Decaf Coffe

Decaf coffe atau kopi tanpa kafein ini sebenarnya masih mengandung kafein walau dalam jumlah yang rendah. Bagi mereka yang terbiasa meminum kopi yang kuat tanpa campuran lain, decaf coffe tidak akan berpengaruh terhadap nyenyak atau tidaknya tidur karena dosis kafeinnya terlalu rendah tapi, bagi mereka yang tidak terbiasa meminum kopi yang kuat atau sensitif maka decaf coffe bisa membuat Anda sulit tidursama halnya dengan kopi biasa. Jadi hati – hati ya saat meminum kopi di malah hari, jangan lupa perhatikan tingkat toleransi Anda.

Brokoli

Brokoli sebenarnya megandung tryptophan yang sangat baik bagi tubuh karena, bisa membuat hormon serotonin yang membuatmu tidur nyenyak berproduksi lebih cepat. Tapi tentunya sebelum tyrptophan terserap tubuh dan pada akhirnya membantu produksi serotonin, brokoli tentunya harus dicerna dulu. Nah, karena inilah menkonsumsi brokoli di malam hari tidak baik untuk tidur nyenyak Anda. Brokolimerupakan sayuran yang mengandung serat tinggi sehingga mencernanya membutuhkan waktu yang agak lama, sehingga pada waktunya Anda beristirahat perut akan tetap bekerja mencerna brokoli. Hal ini sudah pasti bisa membuat tidur tidak nyenyak karena perut tetap bekerja guna mencerna brokoli.

Agar dapat menkonsumsi brokoli di malam hari sebagi teman steak misalnya, tentu Anda harus memasaknya lebih matang dari biasanya agar beberapa kandungannya hilang. Akan tetapi jika dibuat seperti itu maka jadi percuma makan brokoli karena kandungannya telah hilang. Solusinya tetap untuk tidak menkonsumsi brokoli pada malam hari agar Anda bisa tidur lebih nyenyak.

French Fries

French Fries atau kentang goreng merupakan camilan yang sangat enak apalagi sebagai teman nonton tv atau mengobrol. Biasanya ketika sedang asyik – asyiknya tanpa terasa kita bisa menghabiskan satu sampai dua porsi kentang goreng, apalagi jika kentang goreng tersebut di beri saus. Sayangnya, semakin banyak kentang goreng yang dimakan pada malam hari akan semakin membuat Anda sulit untuk tidur dan walaupun sudah bisa tidur, Anda tidak akan merasa nyenyak. Kenapa demikian ? ini karena kandungan dalam kentang yang digoreng akan membuat dada merasa tidak enak dan agak panas.Biasanya perasaan ini akan sulit hilang dan membutuhkan waktu beberapa jam agar Anda bisa benar – benar tidur nyenyak.

Cabe

Cabe dan makanan pedas tentu dua hal yang berkaitan namun sebenarnya tidak selalu sama. Dikarenakan cabe ada berbagai jenis dan tidak semua cabe itu pedas, lagi pula ketika biji cabe dibuang pun cabe sudah tidak akan pedas.

Sama halnya dengan yang disebabkan oleh french friesatau ketang goreng, terlalu banyak menkonsumsi cabe juga akan membuat dada merasa tidak nyaman dan panas. Rasa yang ditimbukkan oleh cabe ini akan jauh lebih lama dari pada yang ditinggalkan oleh french fries karena sifat dasar cabe. Untuk itu, meskipun Anda merasa makanannya tidak pedas tapi didalamnya mengandung cabe sebaiknya dihindari dahulu ya pada malam hari, apalagi ketika tubuh membutuhkan istirahat yang cukup.

Dari 8 makanan di atas, apa ada hal yang sulit Anda hindari ? Jika iya, jangan paksakan diri untuk mengubah kebiasaan secara langsung ya karena, kebiasaan memang sulit dirubah. Bagaimana jika dikurangi sedikit – demi sedikit porsinya atau Anda bisa menkonsumsi makanan – makanan di atas lebih awal dari biasanya agar Anda bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas seperti yang Anda idam – idamkan, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *