Cuaca yang selalu dingin seperti ini, kebanyakan orang – orang lebih suka meminum sesuatu yang hangat seperti wedang jahe, ronde, atau susu. Semua minuman hangat itu juga diklaim paling ampuh untuk mencegah flu datang di saat dingin seperti ini. Tapi apa iya kita harus minum – minuman hangat terus dan tidak bisa minum yang segar –segar seperti jus ?

Jangan sedih, disaat udara dingin dan virus flu menyebar seperti saat ini masih ada kok jus yang bisa kita minum dan bisa memerangi flu. Jus apa saja itu, baca info lengkapnya di bawah ini.

Apel, Wortel dan Jeruk

Kombinasi tiga warna orange ini mengandung banyak vitamin A, B-6 dan C, selain itu masih ada kandungan potassium dan folic acid juga sehingga perlindungan memerangi flu akan semakin lengkap.

Resep :

  • 2 buah wortel besar
  • 1 buah apel
  • 1 buah jeruk

Cara membuat :

Masukan semua buah kedalam blender atau juicer sampai halus tanpa di tambah gula atau air, setelah itu jus siap diminum dan bahkan bisa disimpan di kulkas sampai 2 hari asal disimpan dalam wadah tertutup rapat.

Jeruk dan Grapefruit

Kedua gabungan buah ini sering disebut Vitamin C Combo karena dengan dua buah ini saja sudah cukup untuk memenuhi jumlah vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan didalamnya selain vitamin C, ada Vitamin B-6, A, folic acid, serta zinc. Resep membuat jus ini sama dengan jus apel, jerus dan wortelnya, perbandingannya 1 : 1.

Jus Tomat

Jus tomat paling baik dan enak jika di buat tanpa menambahkan buah lain, karena buah lain nanti dapat menutup rasa dan kesegaran buahnya. Kandungan yang ada pada buah tomat tentu saja vitamin C, A, iron, dan folate. Resep membuat jus tomat tidak membutuhkan blender atau juicer seperti resep lain karena sifa buahnya yang lebih mudah hancur dan lunak.

Resep :

  • 4 buah tomat
  • 1/3 sdt garam
  • ½  sdt lada hitam
  • ½ sdt bubuk cabe ( optional )

Cara membuat :

Setelah tomat bersih, buang bagian ujung tomat yang runcing, bagian atas tempat daun serta biji tomat. Jika sudah, potong tomat menjadi 4 bagian dan panaskan di atas wajan dengan api sedang sampai tomat lunak.

Sesudah tomat matang, haluskan tomat dengan memencet – mencet tomat atau dengan menekan –nekanya di atas saringan. Setelah itu, panaskan kembali tomat dan tambah kan garam serta bahan lainnya. Jika Anda bertanya – tanya mengapa ditambah garam dan lada, itu agar rasa jus tomat lebih mirip sup. Setelah matang, jus tomat siap diminum dan bisa disimpan setelah dingin dengan wadah rapat.

Kale, Horseradish dan Cherry

Buah dan sayur ini memiliki kandungan vitamin A, C, iron, fatty acid serta magnesium dan potassium, penambahan horseradish juga membuat jus ini memiliki manfaat  anti peradangan dan sangat baik untuk mencegah flu. Untuk perbandingannya, 1 : 1 : 15 ya, ketiganya cukup di blender tanpa tambahan apapun lagi.

Beet, Jeruk,  Wortel, Jahe, Kunyit

Jika dilihat dari bahannya, jus satu ini kelihatannya lebih komplit dan mirip jamu dari pada jus di atas ya. Tapi tenang, buah jeruk, beet ditambah wortel masih bisa kok membuat jus ini terasa segar. Tambahan jahe dan kunyit disini dimaksudkan agar jus bisa membantu menguatkan sistem imun, mencegah peradangan yang merupakan gejala awal dari sakit flu.

Resep :

  • 1 buah beet ukuran sedang
  • 3 wortel ukuran sedang
  • 1 jeruk
  • 1 inch jahe
  • 2 inch kunyit ( apabila tidak ada kunyit segar, ganti dengan 1 sdm bubuk kunyit )
  • ½ sdt lada hitam

Cara membuat :

Blend atau jus semua bahan menjadi satu kecuali lada hitam, setelah semua tercampur baru masukan lada hitam dan aduk sampai rata. Untuk penyimpanan, jus bisa disimpan di dalam wadah tertutup pada kulkas selama 3 hari.

Stroberry dan Mangga

Pada mangga terdapat vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan istem imun, selain itu masih ada kandungan vitamin lain semacam vitamin A, C, iron dan folate. Dikarenakan semua resep di atas tidak menggunakan es, untuk resep satu ini kita akan menggunakan es ya.

Resep :

1 mangga

10 stroberry

Es secukupnya

2 sdm madu

2 sdm air lemon ( optional )

Cara membuat :

Potong mangga menjadi dadu,sedangkan untuk strobery potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, masukan semua bahan menjadi satu dan blender sampai es menjadi hancur. Saat es hancur semprna, jus siap dinikmati. Untuk resep ini, sebaiknya langsung di habiskan atau disimpan paling lama 1 hari ya karena sudah ada es didalamnya.

Semangka

Bagi yang malas mencoba resep – resep di atas karena ribet atau sulit menggunakan jus dan alat lain, maka resep satu ini wajib di coba. Kandungan semangka yang komplit terdiri dari vitamin A, C magnesium dan zinc sangat cocok sekali untuk mencegah tubuh terkena flu sekaligus membuat kita makan yang segar – segar saat dingin. Untuk resep satu ini, sangat mudah sekali kok, Anda hanya perlu menghancurkan semangka tanpa tambahan apapu. Jika ingin sedikit variasi, bisa tambahkan daun mint atau perasan air lemon kedalamnya agar jus semangka semakin segar.

Stroberry, Kiwi dan Mint

Perpaduan buah di atas sudah mirip mocktail ya ? kalian bisa menambahkan yogurt untuk menambah rasa sekaligus membuat jus memiliki kandungan probiotik yang bagus bagi pencernaan. Kandungan dari jus ini sendiri ada vitamin A, C, B-6, zinc dan folate.

Resep :

  • 6 stroberry
  • 1 kiwi
  • ½ cup yogurt
  • Daun mint ( sesuai selera )

Cara membuat :

Langsung blender semua bahan sampai halus, usahakan jangan menggunakan blender untuk resep satu ini agar tekstur buah bisa lebih terasa.

Biji Labu

Siapa bilang hanya labunya saja yang enak, bijinya pun tidak kalah enak jika dijadikan jus. Belum lagi ada banyak sekali manfaat yang kita bisa dapatkan dari jus biji labu ini, mulai dari menyehatkan prostat, membuat rambut dan kulit lebih halus, menguatkan tulang, serta membuat kita lebih bahagia karena rasanya yang enak.

Resep :

  • 1 cup biji labu
  • 3 cup air
  • Susu ( sesuai selera )
  • 3 sdm mapple sirup atau madu
  • ½ sdt garam.

Cara membuat :

  • Rendam biji labu kedalam air dan tambahkan garam kedalamnya, sampai kira – kira 8 jam.
  • Setelah 8 jam, bilas biji labu untuk menghilangkan kulit atau benda lain yang tidak diinginkan
  • Setelah itu blender semua bahan sampai rata, setelah rata jus bisa diminum langsung atau disimpan selama 3 hari dalam kulkas. Untuk biji labu yang belum direndam, bisa disimpan sampai 5 hari.

Bagaimana resep – resep jus diatas sudah pasti segar dan pas diminum pada cuaca dingin seperti sekarang kan, belum lagi jus ini juga sudah pasti memiliki banyak manfaat yang bisa menjaga tubuhmu agar tidak sampai terkena flu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *